Zuraida Amala

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Gambar Kulit Beserta Strukturnya


Gambar Kulit Beserta Strukturnya

ojel.student.umm.ac.id – Bagian-bagian Kulit
Kulit terbagi atas tiga lapisan pokok, yaitu epidermis (kulit ari), dermis atau korium (kulit jangat), dan jaringan subkutan atau subkutis.

Gambar Kulit Beserta Strukturnya

a. Bagian-bagian Kulit
Kulit terbagi atas tiga lapisan pokok, yaitu epidermis (kulit ari), dermis atau korium (kulit jangat), dan jaringan subkutan atau subkutis.

1) Epidermis (Kulit Ari)
Epidermis adalah lapisan luar kulit yang tipis dan avaskuler. Terdiri dari epitel berlapis gepeng bertanduk, mengandung sel melanosit, Langerhans dan merkel. Kekebalan epidermis berbeda-beda pada bagian tubuh. Bagian yang paling tebal berukuran 1 milimeter, misalnya pada telapak kaki dan telapak tangan. Sedangkan lapisan yang tipis berukuran 0,1 milimeter terdapat pada kelopak mata, pipi, dahi, dan perut. Sel-sel epidermis ini disebut keratinosit. Ketebalan epidermis hanya sekitar 5% dari seluruh ketebalan kulit. Pada epidermis, terjadi regenerasi setiap 4-6 minggu.
Para ahli histologi membagi epidermis dari bagian terluar hingga ke dalam menjadi 5 lapisan, yakni:
a. Lapisan Tanduk (Stratum corneum), merupakan lapisan yang paling atas. Terdiri atas sel-sel mati yang mengelupas dan banyak mengandung keratin yang melindunginya. Lapisan ini secara terus-menerus melepaskan sel-sel kulit yang mati.
b. Lapisan Jernih (Stratum lucidum), disebut juga ”lapisan barrier”. Terletak tepat di bawah stratum corneum. Merupakan lapisan sel gepeng tanpa inti. Protoplasmanya berubah menjadi protein (eleidin). Biasanya terdapat pada kulit tebal seperti telapak kaki dan telapak tangan.
c. Lapisan Granular (Stratum granulosum), tersusun oleh sel-sel keratinosit yang berbentuk poligonal, berbutir kasar, berinti mengkerut.
d. Lapisan Malphigi (stratum spinosum atau malphigi layer), memiliki sel yang berbentuk kubus dan seperti berduri. Intinya besar dan oval. Setiap sel berisi filamen-filamen kecil yang terdiri atas serabut protein. Cairan limfe masih ditemukan mengitari sel-sel dalam lapisan malphigi ini.
e. Lapisan Basal (Stratum germinativum) adalah lapisan terbawah epidermis yang hanya tersusun oleh satu lapis sel-sel basal. Di dalam stratum germinativum juga terdapat sel-sel melanosit, yaitu sel-sel yang tidak mengalami keratinisasi dan fungsinya hanya membentuk pigmen melanin dan memberikannya kepada sel-sel keratinosit melalui dendrit-dendritnya.

Baca Juga :

Tiga Hal Yang Menjadi Karakteristik Penelitian Eksperimental

Ekonomi Makro atau Makroekonomi Adalah

Kunker Ke Kota Bogor, Komisi X Apresiasi Sekolah Ibu

Gabah Petani untuk Memperkuat Cadangan Beras Pemerintah

Sumber : https://sel.co.id/struktur-kulit/

Comments are closed.

© 2008 Zuraida Amala