Zuraida Amala

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Rindi, Penyanyi Cilik dari SLB Negeri Purwakarta

Rindi, Penyanyi Cilik dari SLB Negeri Purwakarta

Bisa karena biasa. Ungkapan itu pantas disematkan kepada Rindi Aprliani Hasyyah. Meski masih berusia 8 tahun, bakat menyanyi siswi SLB Negeri Purwakarta tersebut diatas rata-rata anak seusianya. Yang terbaru, Rindi diundang  untuk menyanyi dalam kegiatan Maulid Nabi yang diselenggarakan oleh SMKN 2 Purwakarta. Terasahnya bakat Rindi tak lepas dari peran orang tua serta SLB yang mampu menggali kemampuannya.

Ibunda Rindi, Siti Aisyah bercerita, buah hatinya mulai mencintai dunia musik sejak umur dua tahun. “Saat mendengarkan musik anak-anak, tangannya langsung otomatis digerakan, seolah-olah menabuh gendang. Terus dia mulai ikut nyanyi. Daya tangkapnya ke lagu pun bagus. Dia cepat tangkap dan mudah meningat lagu-lagu yang dia dengarkan,” tuturnya saat ditemui di SLB Negeri Purwakarta, Jalan Veteran, Nagrikaler, Kabupaten Purwakarta, 22 November 2018.

Menyadari bakat yang dimiliki anak sulungnya, Siti pun selalu

mengajarkan anaknya menyanyi melalui gawai dengan cara memperdengarkan lagu kepadanya. Karena daya tangkap yang cepat, Rindi tak kesulitan bahkan sangat antusias ketika mendengarkan semuanya. Bakat Sisw yang duduk dibangku kelas 1 SD ini pun mulai terasah ketika masuk di SLB. “Setelah masuk sekolah, didampingi Pak Mulyana (Guru Kesenian), potensinya mulai terasah,” ucap Siti.

Selain menggal potensi, SLB juga menjadikan Rindi untuk adaptif terhadap lingkungan yang ada di sekitar. “Dulu dia selalu ketakutan kalau mendengar suara bising di sekitar rumah. Jadi ketika dia mausk SLB, saya mau dia lebih adaptif terhadap lingkungan yang ada disekitar,” kata Siti.

Selain piawai bernyanyi, siswi kelahiran 17 April 2010 tersebut pun telah

menguasai alat musik pianika. Bahkan siswi yang mengidolakan Nissa Santan tersebut berkeinginan untuk belajar memetik piano.”Ingin belajar piano yang gede kayak Pa Mul,” tutur Rindi dengan polosnya. 

Wakil Kepala Sekolah SLB Negeri Purwakarta, Ima Teguh Trismawati mengatakan, bakat yang dimiliki siswa berkebutuhan khusus memang akan digali lebih dalam di SLB. Selain menumbuhkan rasa percya diri, SLB harus mampu meningkatan potensi yang dimiliki oleh siswanya. 

“Sehingga, bakat yang dimiliki mampu membuktikan kepada masyarakat

untuk jangan pernah memandang siswa SLB dengan sebelah mata, mereka adalah inspirasi” ucap Ima.***

Baca Juga :

Comments are closed.

© 2008 Zuraida Amala